Shop My Favorites

Fly me to Okinawa

cr : pixabay Mako Karei, Hirame, Kamasu, Anago, Kegani, Iwagaki, Shijimi, dll adalah berbagai hasil laut dari Jepang. Nama ini tidak a...

cr : pixabay

Mako Karei, Hirame, Kamasu, Anago, Kegani, Iwagaki, Shijimi, dll adalah berbagai hasil laut dari Jepang. Nama ini tidak asing di telinga saya, karena saya selalu memesan ikan dan hasil laut lainnya di pasar Tsukiji-Jepang setiap minggu. Profesi saya yang merupakan purchasing supervisor di salah satu restoran di Jakarta membuat saya hafal akan nama-nama tangkapan laut dari Jepang. Setiap minggu saya bertukar email dengan Mr. Kuroda untuk memastikan pesanan saya akan sampai di Jakarta dengan baik. Mungkin ini satu-satunya kontak terdekat saya dengan hal yang berkaitan dengan Jepang.

Jepang tidak dipungkiri lagi merupakan bucket list hampir setiap orang. Siapa yang tak mau berkunjung ke negeri sakura yang indah ini. Ketika ditanya, “Emang mau kemana kalau ke Jepang?” well, banyak sekali ya dari Tokyo, Osaka, Hokkaido dll. Kota yang memang merupakan major tourist attraction. Tetapi kini saya juga menambahkan Okinawa di daftar tempat yang ingin saya kunjungi di Jepang. Mr. Kuroda sangat merekomendasikan saya untuk mengunjungi Okinawa, kampung halamannya yang indah terutama saat musim panas.

Kata Mr.Kuroda jika kita bertanya tentang Okinawa ke orang-orang Jepang, maka anda akan dijawab dengan mata berbinar dan penjelasan yang menggebu-gebu dari mereka. Udara yang hangat, lautan jernih yang kaya akan hasil laut, terumbu karang yang indah, orang-orang yang ramah serta pantai dan hutan yang belum terjamah merupakan alasan mengapa Okinawa wajib kita kunjungi saat musim panas.
photo: wikipedia.org/wiki/Okinawa_Prefecture 

Prefektur Okinawa adalah prefektur yang terletak di bagian paling selatan Jepang. Prefektur ini terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu dan membentuk rantaian kepulauan yang panjangnya lebih dari 1000 km, antara barat daya Kyushu (pulau paling selatan dari keempat pulau utama Jepang) dan Taiwan. Ibu kota prefektur Okinawa adalah Naha. Naha merupakan entry point yang paling banyak digunakan untuk mencapai Okinawa karena terdapat Naha airport yang menyediakan penerbangan regular dari berbagai airport besar di Jepang dan beberapa penerbangan internasional seperti Hong Kong, Taipei, Seoul dan Shanghai. Naha airport ini merupakan airport tersibuk ke 7 di Jepang. Jadi, bisa dilihat bahwa akses transportasi dari dan ke Okinawa amatlah mudah.

1. Menggila di Laut Okinawa

Sudah pasti kalau ke Okinawa, hal yang wajib dilakukan pasti yang berhubungan sama laut seperti snorkeling, scuba diving, kayaking dll. Mau snorkeling di Okinawa, kita tinggal pilih mau di pantai yang mana. Ada banyak sekali pilihan karena semua pantai di Okinawa sangat jernih. Tetapi yang menurut saya paling recommended dan lain dari pada yang lain adalah snorkeling di Blue Cave. Ah-mazing!!!

photo: aruguid.jp/en/blue-cave-adventures 
photo: veltra.com 
photo: veltra.com 

photo: veltra.com 

Lanjut setelah snorkeling kita scuba diving bareng ikan hiu paus di tempat yang tidak jauh dari Blue Caves. Gila gag sih! Mesti banget ngerasain berenang sama ikan hiu paus saat berwisata ke Okinowa. Dimana lagi coba??!!

 photo : relentlessfinancialimprovement.com
2. Menjelajah Pulau Iriomote dan Melihat Kucing Iriomote 

Pulau Iriomote (西表島, Iriomotejima) adalah pulau terbesar kedua di Okinawa. Tetapi 90% dari pulau ini belum terjamah oleh manusia dan masih merupakan hutan rimba dan hutan mangrove. Pulau ini terkenal akan kucing iriomote, kucing liar yang telah hampir punah dan hanya dapat ditemukan di pulau ini. Cantik sekali kucing iriomote yah ><
photo: overseasattractions.com 

Ada berbagai macam paket tur yang menawarkan tur ke pulau Iriomote. Banyak hal yang dapat dilakukan di pulau Iriomote diantaranya adalah menaiki canoe dan stargazing di malam hari, snorkeling (tentunya) serta kayaking di sungai Nishida.

photo: veltra.com 

photo: guidetrip.com 

                                                     photo : thingstodo.viator.com

3. Mengunjungi Churaumi Aquarium 

photo: oki-churaumi.jp
Akuarium Churaumi Okinawa adalah akuarium yang terletak di Taman Ocean Expo, barat laut Okinawa, Jepang. Dalam bahasa Okinawa, chura (美ら) berarti indah, dan umi (海) berarti laut. Akuarium Churaumi adalah akuarium terbesar nomor dua di dunia. Tempat ini cocok dikunjungi oleh para turis yang membawa anak kecil untuk melihat indahnya satwa laut tetapi gag mau basah-basahan serta aman untuk sang anak. Eits tapi buat kamu para single ladies, berfoto di Akuarium Churaumi juga dapat mempercantik update-an instagram kamu kan :p 

4. Belajar Karate di Murasakimura Cultural Village

photo: gdayjapan.com 

photo: elisabethknowles.com 

Bukanlah tanpa alasan Mr. Miyagi di film Karate Kid diceritakan berasal dari Okinawa. Karena memang karate itu berasal dari Okinawa loh! Ayo ngaku, baru pada tau kan? Dahulu kepulauan di Okinawa disebut sebagai kerajaan Ryukyu yang akhirnya bergabung menjadi bagian dari negara Jepang pada tahun 1879. Saat itu raja Ryukyu melarang penggunaan semua jenis senjata dan memaksa warganya untuk melindungi diri mereka dengan tangan kosong. Karate secara harafiah berarti tangan kosong. Nah, berawal dari sini lah seni bela diri karate berasal. Tentunya dimana lagi kalau mau belajar karate dan mengenal sejarahnya kalau bukan di Okinawa. Murasakimura cultural village yang terletak di Yomitan ini memiliki instruktur yang dapat berbahasa inggris. Jadi gag perlu khawatir. Satu jam belajar karate akan mengocek saku anda sebesar $26. Biaya ini sudah termasuk seragam khusus karate. Hiyaaaat!

5. Menyaksikan Parade "10,000 Eisa Dance"

Pulau-pulau di Prefektur Okinawa memiliki tradisi dan budaya tersendiri yang berbeda dari wilayah Jepang lainnya. Salah satu contoh unik dari kebudayaan masyarakat Okinawa adalah tarian Eisa yang sangat terkenal. Eisa adalah tari tradisional Okinawa yang dipertunjukkan pada masa perayaan Obon. Pemuda-pemudi di setiap komunitas penduduk di Okinawa membentuk kelompok-kelompok Eisa yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Pada malam perayaan Obon, grup-grup Eisa menyambut kedatangan kembali arwah leluhur ke dunia dan mengantarkannya kembali seusai perayaan Obon. Pemuda-pemudi berkeliling menarikan Eisa di jalan-jalan sekitar tempat tinggal mereka sambil diiringi lagu dan musik. 

photo: japantimes.co.jp 

Di jaman modern ini pertunjukan tari Eisa dapat dilihat di berbagai festival dan event-event spesial di Okinawa. Pertunjukkan tari Eisa yang terbesar adalah saat festival musim panas di Naha. Sebanyak 10.000 penari Eisa melakukan parade pada hari minggu pertama di bulan Agustus di Kokusai Dori (International Street), jalan utama di kota Naha sejak tahun 1995. Saat festival ini berlangsung, jalan Kokusai dipenuhi berbagai tim tari Eisa dari seluruh penjuru pulau. Saya pernah liat ini langsung  (di TV maksudnya) haha.

photo: oki-islandguide.com 

6. Belanja di Kokusai Street

photo: apicens.org 

photo: taiken.co 

Jika Okinawa adalah hawainya Jepang, maka Naha adalah Honolulu-nya. Jalan utama di Naha adalah jalan Kokusai. Jalan ini dipenuhi pepohonan palem yang indah, berbagai toko souvenir yang merajala lela di sisi jalan, aneka restoran yang berjejer menyediakan makanan lezat serta bar yang selalu ramai. Adapun jenis souvenir yang biasa dijual di sini biasanya adalah ryukyu glass dan shisa. Menikmati kuliner khas Okinawa sekaligus belanja oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat tercinta dapat di lakukan di sini.

photo: japantimes.co.jp 
photo: mavis.oybsite.com

Tahukah kalian jika Okinawa memiliki jumlah centenarian (orang yang berumur 100tahun) terbanyak di dunia? Tak heran Okinawa memiliki sebutan "land of longevity". Pola makan yang sehat berkontribusi besar sebagai kunci umur panjang masyarakat Okinawa. Orang-orang di Okinawa jarang mengkonsumsi makanan yang digoreng.  Makanan mereka biasaya terdiri dari tangkapan laut yang segar, goya dan mozuku seaweed. Saya tidak akan bahas sashimi, sushi atau ramen di sini tetapi saya akan bahas beberapa makanan khas Okinawa yang hanya akan ditemukan di Okinawa karena saya berprinsip "eating authentic local food in a foreign country is the truest way to it's soul". #halah. 

1. Gōyā champurū 


photo: fastjapan.com 

Anda tidak dapat membahas tentang makanan Okinawa tanpa berbicara tentang hidangan otentik Okinawa yaitu Goya Champuru. Champuru memiliki arti "sesuatu yang dicampur". Seporsi goya champuru dihidangkan dengan semangkuk nasi hangat. Sungguh menggoda! Goya champuru terdiri dari berbagai bahan seperti goya, tahu, daging babi dan telur. Goya atau yang kita kenal di Indonesia dengan pare sarat dengan vitamin C dan kaya akan anti oksidan. Tidak heran jika masyarakat Okinawa sangat menyukai sayuran ini.

2. Taco rice


photo: www.stevencayco.com 

Taco Rice ini terlihat sekali terinpirasi dari makanan khas Mexico, taco. Tentara perang Amerika saat perang dunia kedua berandil besar mengapa hidangan satu ini terlihat tidak terlalu "Japanese" dan terkenal di Okinawa hehhehe Well, dimana lagi bisa menyantap taco rice kalau tidak di Okinawa?! Bayangkan semangkok tumisan daging sapi yang lezat, parutan keju yang berlimpah, irisan selada serta tomat yang dihidangkan di atas nasi putih. Noms noms noms. Mengetik ini saja membuat saya menelan air liur saya.


3. Umibudō (sea grapes)


photo: thesmartlocal.com 

Umibudo atau biasa disebut anggur laut adalah jenis rumput laut yang menyerupai miniatur buah anggur. Menakjubkan sekali bukan?! Disajikan dengan saus ponzu yang tajam maka anda serasa makan kaviar bukan rumput laut hehhehe. Umibudo ini hanya ada di okinawa loh. Jadi sayang sekali dilewatkan jika berkunjung ke Okinawa tanpa mencoba rumput laut unik ini.

Nah sekarang sudah tau mau ngapain aja dan mau makan apa di Okinawa, maka saatnya merealisasikan keberangkatan kita ke Okinawa. Langsung deh yuk meluncur ke H.I.S website atau H.I.S facebook page. Agensi travel ini spesialis banget dalam mengurus perjalanan ke Jepang. Jadi kalau kalian ingin pergi kemanapun (catet ya, kemanapun) di Jepang, kalian bisa konsultasi langsung dengan mereka.

H.I.S. Travel menghadirkan program HAnavi yang akan membantu kita dalam menyusun perjalanan kita ke Jepang. HAnavi ini merupakan hasil kerjasama antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Program HAnavi ini menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik plus Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH, terutama bila berangkat dari Tokyo atau Osaka. Barusan saya ke website H.I.S dan tadaaaaaaa. Look!!

Murah dan mudahnya dengan HAnavi di H.I.S 


Gimana? Masih ragu mau ke Okinawa?! Kalau saya termasuk orang yang gag mau diribetin sama nyusun itinerary sih, jadi menggunakan jasa H.I.S - HAnavi ini sangat amat berguna bagi saya. Selain itu, ada faktor lain yang membuat saya mempercayakan liburan saya ke H.I.S, yaitu:

1. Cabangnya ada dimana-mana
Seberang kantor saya ada cabang H.I.S yang buka sampai malam pula. Accessable banget, pulang kerja tinggal melipir.

2. Staff ramah dan knowledgable
Kemarin saya sempat menyambangi cabang H.I.S yang di fx Sudirman. Maaaaan, super duper ramah banget staffnya, very helpful and knowledgeable.

3. Murah
Waktu liat di website-nya H I.S aja kaget itu gag salah ke Okinawa murah banget? Gag. Gag salah gaisssss. Emang di H.I.S murah.

4. Aman dan terpercaya
Sebagai wanita single yang suka travelling selain tentunya suka cari yang murah-murah. Faktor keamanan udah jadi harga mati saat pilih jasa tur ataupun hotel. Kalau di H.I.S udah gag perlu diragukan lagi lah ya keamanannya. Aku percaya sama sampeyan, H.I.S ^^ hehehehe 

Well, H.I.S dan Kawaii Beauty Japan sekarang sedang mengadakan kompetisi menulis untuk para blogger yang hadiahnya jalan-jalan ke Jepang gratis loh!!!! Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedurnya dapat di klik gambar di bawah ini~

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Sekian postingan saya kali ini tentang indahnya Okinawa. See you in the next blog post.


Referensi:

http://his-summer-trip.kawaiibeautyjapan.com/
http://www.roughguides.com/destinations/asia/japan/okinawa/
http://wikitravel.org/en/Okinawa
http://www.traveller.com.au/twenty-reasons-to-visit-okinawa-2ghgf#ixzz48LA5AtEE
https://www.oki-islandguide.com/
http://web-japan.org/
http://okinawatravelguide.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Prefektur_Okinawa
http://wikitravel.org/en/Iriomote
https://www.oki-islandguide.com
https://en.wikipedia.org/wiki/Okinawan_cuisine
http://japantourlist.com/

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

17 comments

  1. maulah diajak ke okinawa kak XD

    goodluck ya kak!

    ReplyDelete
  2. Wah selamat ya artikelnya jadi pemenang. Artikel saya gagal jadi pemenang hehehe

    Salam kenal,

    ReplyDelete
  3. Lihat foto-fotonya keren banget. Alhamdulillah ya menang. Selamat ya mba

    ReplyDelete
  4. Setiap jengkal Jepang kayak harus banget dijelajah ya ^^ Boleh dong Kak kirim postcard dari Okinawa-nya, hihi ^^

    asysyifaahs.com

    ReplyDelete
  5. wah keren..udah pernah main ke negeri matahari terbit,... :)
    tapi ngomong-ngomong itu taco rice dagingnya mirip abon ya?
    salam kenal ya.. :D

    ReplyDelete

instagram