Shop My Favorites

Cara membuat visa jepang 2016

source: pexels.com Saya orangnya paling gag suka urusan sama pemerintahan dan tetek bengeknya. Aduh gag tau kenapa deh. Apa karena semu...

source: pexels.com
Saya orangnya paling gag suka urusan sama pemerintahan dan tetek bengeknya. Aduh gag tau kenapa deh. Apa karena semuanya biasa diurusin? Jadinya tuh parno aja gitu kalau disuruh ngurus beginan. Bahkan untuk buat paspor saja, saya dibuatin sama calo hahahaha Baru kemarin akhirnya perpanjang paspor ngerjain sendiri. YAY! Ada kemajuan hehehe

Mungkin saya sudah tanya sampai ratusan kali perihal visa jepang. Thank you buat teman-teman yang sudah direpotkan. Riri, Emma, Ai, Indah, Sekar, Budi, Nissa dll yang sudah dengan sabar menenangkan saya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. 

Drama pembuatan visa ini dimulai dengan saldo tabungan yang katanya mesti 60 juta. What Why How?!!! Gile mau ke jepang ajah seminggu kenapa nominalnya gede banget. Akhirnya saya tanya  ke berbagai agen travel perihal saldo buku tabungan ini tetapi nominalnya bervariasi dari 15-60 juta padahal dari pihak kedutaan tidak ada angka minimal di rekening tabungan. Kan yang penting cukup meng-cover selama kita berada di Jepang. Karena alasan tabungan ini lah, akhirnya saya urus sendiri saja ke kedubes tanpa lewat travel agent.

Lanjut masalah photo ahahahahahha ini juga bikin ribet karena lagi-lagi over parno. Akhirnya photo di Origami Margo City terus bilang sama mbaknya "Mau buat visa jepang mbak. Jangan salah yah" dengan senyum manis biar gag dibilang rewel. Harganya Rp 50.000 sudah dapat CD aslinya.

Setelah semua dokumen lengkap cus saya ke kedubes jam 8 pagi. Padahal kedubes Jepang baru buka pukul 8.30. Tetapi ternyata sudah banyak yang antri. Berikut step by step proses pengajuan visa Jepang yang saya lakukan:

  1. Senyum manis ke satpam, tanya "mau buat visa antri dimana pak?"
  2. SKSD sama antrian depan kamu biar kalau ada apa-apa gag ketinggalan info.
  3. Antri dengan baik, jangan malu-maluin. 
  4. Saat antrian sudah dibuka, tukar KTP di security post.
  5. Ambil nomer antrian di mesin yang sudah disediakan. Saya dapat nomer 20.
  6. Sambil nunggu ada baiknya cek lagi dokumen-dokumen kalian.
  7. Nanti kamu akan dikasih tanda terima untuk ambil visanya kalau sudah jadi oleh satpam. Nah, kamu isi deh. 
    tanda terima
  8. Setelah nomer antrian kita terpanggil, serahkan semua dokumen termasuk tanda terima yang tadi kamu isi ke petugas di loket dengan sopan dan manis (sopan sih wajib tetapi kalau manis tambahan aja karena ini sudah bawaan lahir saya) 
  9. Not even 2 mins sudah selesai dicek oleh petugas. Saya memastikan "sudah nih pak?" lalu dijawab dengan muka datar beliau "iya sudah. Kamu ambil hari senin".
  10. Bilang terima kasih jangan lupa.
  11. Tukar kembali name tag visitor kamu dengan KTP kamu.
  12. Pulang deh! 
Nah, sekarang proses ambil paspornya. Datang ke kedubes antara jam 13.30 - 15.00 lalu bilang ke satpam "Pak, mau ambil paspor saya", tukar kartu identitas, ambil nomor antrian, duduk manis sampai nomer kita dipanggil, bayar biaya visa, ambil paspor dan pulang deh dengan senyum bahagia karena liburan di depan mata. yeehaaaa!!!
visa akyuuuuh
kwitansi pembayaran

Ternyata biaya pembuatannya dibayarkan nanti saat ambil paspor yang sudah ada visanya. Bukan bayar saat apply penyerahan dokumen. So, Overall it was super easy selama dokumen kita sudah lengkap kok. So, kalau masih bingung dan ada yang mau ditanyakan bisa komen di kolom komentar di bawah ini.

See ya! 

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

10 comments

  1. Masih ga ngerti ._. Jadi bikin visa, tapi kenapa ambil paspor? Jadi bikin paspor+visa sekaligus?

    Aku juga ada rencana ke Jepang, tapi masih bingung harus bikin visa atau ngga. Soalnya ada berita kalau ga perlu bikin visa jika punya paspor elektronik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan visanya di tempel di dalam paspor. Pas kita serahin dokumen-dokumen ke kedutaan jepang untuk urus visa, termasuk di dalamnya paspor :) jadi ya tentu dong pas saat sudah jadi yang diambil adalah paspor kita yang sudah ada visanya didalamnya hehehhehe

      Delete
  2. thank you yaa infonya. ada rencana mau ke jepang sih akhir tahun.

    ReplyDelete
  3. asikkk...akirnya jadi juga visanya. Have fun disana ya! :D *lambai-lambai sarungtangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ihhh Emma thank you yahhhh direpotin tanya ini-itu hehehehhe *lambai-lambaitopipantai*

      Delete
  4. maya, dokumen yang harus disiapin apa ja. detail ya!. hehehe dan kalo berkehendak, saldo tabungan saat ngajuin ada berapa. thanks maya!!
    Happy Holiday..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumennya beda-beda sesuai dengan tujuan ke jepangnya Sis huhuhu itu ak link di postingannya ke website kedubesnya langsung tentang kelengkapan dokumennya heheheh jadi disesuaikan aja .

      Saldo tabungan eke whatsapp yah lol

      Delete

instagram