Shop My Favorites

1 hari wisata kuliner di Bogor

Bogor, si kota hujan. Bogor yang dapat ditempuh menggunakan KRL kurang lebih 1 jam dari Jakarta merupakan pilihan yang tepat untuk menghila...

Bogor, si kota hujan. Bogor yang dapat ditempuh menggunakan KRL kurang lebih 1 jam dari Jakarta merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan juga tidak perlu membawa kendaraan pribadi jika tidak ingin capek berkendara. Sabtu lalu, saya dan Indah memutuskan untuk ber-wisata kuliner seharian di Bogor. 
Pukul 8.30 pagi, kami sudah sampai di stasiun Bogor. Kami memesan soto mie khas bogor di samping stasiun. Semangkok soto mie dengan kuahnya yang lezat serta isiannya yang padat menjadi makanan pembuka di tur kuliner kita kali ini.
Rate: 7/10.

Setelah sarapan, kami naik angkot 02 dari depan stasiun untuk pergi ke kebun raya bogor. Karena jujur, kami berdua belum pernah sekalipun ke kebun raya bogor ahahahahhaha 
Setelah puas mengelillingi kebun raya bogor, kami keluar melalui pintu 1 kebun raya dan menyusuri jalan Surya Kencana. Di kawasan pecinan ini terdapak banyak penjaja makanan kaki lima yang banyak di cari orang karena kelezatannya. Setelah 15 menit berjalan kaki dibawah teriknya matahari, kami akhirnya menemukan minuman khas bogor yaitu es bir kocok. Oh yaaaaay. Enak sekali loh cocok untuk melepas dahaga setelah berjalan cukup jauh.
Rate : 9/10

Tak jauh dari gerobak bir kocok, kami menemukan asinan jagung yang banyak direkomendasikan oleh warga lokal. Alamak. Ini. Sumpah. Endeus. Maksimal. Asin dan asamnya paaaaaaas banget.
Rate :10/10

Tidak berselang setengah jam, kami lanjut makan bakso kikil yang super duper ngantri itu. Lokasinya masih sama. Di trotoar depan pertokoan di jalan surya kencana. Hanya berselang 5 atau 6 gerobak dari gerobak asinan jagung. Kikilnya lembut tapi masih kenyal, dagingnya empuk, baksonya membal dan halus, kuahnya harum kaldu. Gag boong ini one of the best bakso that ive ever tasted in my life.
Rate : 10/10

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami ke mesjid raya Bogor untuk solat dan beristirahat. Kalau naik angkot mesti 2 kali tapi kalau naik uber car hanya Rp 15.000. Jadi kami naik uber saja. Setelah solat, kami melanjutkan tur kuliner kami ke arah jalan Pangrango. Kalau tadi kawasan pecinan, kami sekarang ke kawasan wong londo. Di sini banyak terdapat makanan kebarat-baratan yang semuanya saya rasa sudah pernah kalian dengar seperi Kedai Kita, Klapertaart, Makaroni Panggang, Cupcake House dll. Pada akhirnya pilihan kami jatuh kepada Pia Apple Pie.
Rate: 7/10

Buat kami, pie crust-nya kurang nendang. Justru yang juara malah puff pastry-nya. Menikmati cemilan enak dengan segelas kopi hangat saat turun hujan di sore hari sungguh romantis. Gag harus sama pacar lah. Sama sahabatpun ok banget. Pacar?? apa itu pacar? *kibas rambut*

Setelah hujan reda, kami berjalan kaki ke jalan Pajajaran yang isinya adalah jejeran factory outlet ( FO ). Dasar cewe yah, tak terasa matahari sudah tenggelam saat kami keluar dari FO-FO tersebut. Kami menyewa jasa ubercar lagi dan pergi ke martabak air mancur yang terkenal seantero Bogor.

Tapi martabak bukan yang kami pilih. Indah memilih mie ayam dan saya memilih pangsit basah yang endang bambang gulindang. Hujan dingin-dingin paaaaas sekali untuk menyantap pesanan kami. Saya tau martabak ini dari ortu-nya mantan pacar. Dulu kita suka mampir kesini kalau kita lagi main ke Bogor untuk jemput si mantan pacar pulang dari IPB. #eh #baper #semogakamubahagiadenganpacarbarumu wakakakkaka.
Rate : 9/10

Ahhhh weekend yang seru! Setelah makan di martabak air mancur, saya dan indah segera ke stasiun Bogor untuk kembali pulang ke rumah masing-masing. Bogor kamu terlalu banyak makanan enak. Perut kami gag sanggup lagi. Next time ya~ Please tulis di kolom komentar kalau ada rekomendasi tempat makan yang enak-enak di Bogor hehehe

Total pengeluaran berdua:
Kereta PP Rp 12.000
Soto mie+teh manis hangat Rp 28.000
Angkot ke Kebun Raya Bogor Rp 8.000
Tiket masuk KRB Rp 30.000
Aqua 2 botol Rp 10.000
Bir kocok Rp 5.000
Asinan jagung Rp 22.000
Bakso Rp 46.000
Es kelapa muda Rp 12.000
Uber ke Mesjid raya Bogor Rp 19.000
Uber Ke Pia Apple Pie Rp 21.000
Pia Apple Pie Rp 98.600
Uber ke Martabak air mancur Rp 15.500
Dinner di Martabak air mancur Rp 60.500
Uber ke stasiun bogor Rp 10.000
Total Rp 397.600

Maka pengeluaran per orang adalah Rp 198.800 

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

18 comments

  1. Tiap main ke Bogor saya cuma bisa main ke kosan temen doang buat numpang tidur, haha. Bisa dicoba nih ke tempat" yang dibahas mbaknya. Nice info mbak, kalau main ke Bogor lagi aku bisa mampir kesana, hehe..
    Btw, salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  2. sebagai pencinta mie, saya ngiler sama mie ayam dan pangsit basahnyaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ishhhh bener deh pangsit basahnya parah bgt enaknya ya Allahhhh

      Delete
  3. Mendadaak lapaar lagi nih mbaak. . Pengen cobaain asinan jagungnya. Kelihatannya yummy banget 😄😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endeeeeuuuus asemnya passsss pedesnya passss seger banget siang2

      Delete
  4. Wahh panduannya pas untuk saya yg juga naik kereta. Tinggal turun kereta.. Jajan.. Pulang lg naek kereta. Bogor memamg asik bngt buat wisata kuliner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seneng bgt ak ke Bogor buat kulineran :D ga ada abisnya hehe

      Delete
  5. Hiks . kemarin ke Bogor tapi nggak sempat minum bir kocok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah nyarinya emang mbak makanya ak seneng bgt pas ketemu :D

      Delete
  6. Kapan-kapan coba CFD-an di air mancur Bogor mbak, banyak jajanan unyu di sana, hehehe

    Salam,
    Aci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahh setiap hari apa tuh mbak? Boleh dicoba. Thanks infonya :)

      Delete
  7. Aku belum kesampean nyobain bir kocok... Btw foto-fotomu apik! :)

    ReplyDelete
  8. Bakso kikilnya mana tahaaann, bikin ngileerrr :D

    ReplyDelete
  9. Aku juga belum pernah ke Istana Bogor.
    Boleh nih itennya aku contek :D

    ReplyDelete

instagram