Shop My Favorites

QLAPA - PUSAT JUAL BELI PRODUK HOMEMADE LOKAL ONLINE

Hello semuanya! How was your weekend? Mine was super fun! HEHEHE. BTW guys, apakah kalian sudah baca postingan gue beberapa hari yang ...

Hello semuanya! How was your weekend? Mine was super fun! HEHEHE. BTW guys, apakah kalian sudah baca postingan gue beberapa hari yang lalu tentang interiorgram yang harus kalian follow? Kalau kalian sudah baca, kalian bisa lihat kan kalau gue itu suka banget sama perabot-perabot rumah yang terbuat dari kayu-kayu gitu.

Gue juga suka banget upload photo-photo makanan yang gue masak di instagram kan?! Nah, banyak banget yang suka nanya dimana gue membeli perabotan-perabotan masak tersebut. Soalnya kalau beli di toko yang berada di mall-mall gitu harganya kan mahal banget. Huhuhu.

Padahal yah gue tuh sudah pernah tulis di blog gue ini beberapa waktu yang lalu tentang online shop favorite gue. Nah di postingan itu gue juga sudah pernah mention tentang QLAPA. Tapi sampai sekarang masih aja ada yang suka nanya tentang cutleries/tray-tray kayu gue belinya dimana. Mending agar lebih afdol, gue akan bahas tentang situs Qlapa ini ya buat kalian semua.
Apa sih Qlapa? Qlapa adalah situs jual beli online terlengkap untuk produk handmade lokal seperti kemeja batik, kain tenun, sepatu kulit, perhiasan logam, dekorasi rumah dan produk buatan tangan lainnya. Melalui Qlapa, kalian dapat membeli produk handmade langsung dari pembuatnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Qlapa merupakan suatu wadah online yang dapat dituju oleh seluruh pengrajin lokal di Indonesia. Para pengrajin dapat berjualan di Qlapa dengan sistem yang sesuai dengan keinginan mereka. Sementara itu, kalangan konsumen bisa mencari produk yang dibutuhkan dengan nyaman dan mudah hanya di dalam satu tempat.
Kenapa sih gue suka banget beli produk di Qlapa? Berikut gue jelaskan alasan-alasan utama mengapa gue (dan kalian semua) sebaiknya membeli produk kerajinan tangan di Qlapa.

1. Convenient
Hari gini kan inspirasi dan kebutuhan bisa datang kapan saja. Nah, ribet banget gak sih kalau harus google dulu pengrajin kayu yang bagus dimana. Belum lagi kalau lokasinya ternyata jauh. Masa iya mesti kita samperin ke tempatnya? Dengan Qlapa, gampang banget tinggal buka websitenya or download applikasi di handphone. Terus kalian bisa langsung belanja deh. So convenient!


cr : dokumen pribadi

2. Support produk dan pengrajin lokal
Bila pengrajin lokal masuk ke market place online populer, biasanya mereka akan bersaing dengan produk-produk lain yang diproduksi secara massal. Pengrajin homemade lokal akan sulit bersaing dengan barang-barang buatan produksi massal jika harus dibandingkan langsung di dalam satu market place yang sama karena harga barang-barang produksi massal jauh lebih murah.

cr : dokumen pribadi

Padahal produk handmade adalah produk yang punya keunikan sendiri dan banyak orang di luaran sana yang suka banget akan produk homemade lokal yang unik dan tiada duanya. Akibatnya pembeli yang awam mengenai produk handmade akan lebih memilih produk yang diproduksi massal karena harganya yang bisa ditekan murah, sedangkan pembeli yang memang menyukai produk handmade kesulitan mencari produk handmade yang mereka cari di tengah ratusan produk lain. Nah, Qlapa menjadi jawaban bagi masalah tersebut. 

3. Kualitas super
Kalian sering denger gak sih suka ada yang bilang "beli produk luar negeri aja lebih bagus" atau "Ah barang lokal gampang rusak" dll.  Gue gag percaya sama sekali loh dengan omongan orang yang seperti itu! Buat gue kualitas pengrajin kita tuh super banget.

Waktu gue kuliah sepuluh tahun yang lalu, di kampus gue ada mata kuliah dimana setiap minggu gue wajib ke UKM yang ditunjuk kampus untuk belajar dari si empunya UKM. Gue ditempatkan di sebuah konveksi di bilangan Pondok Kopi. Ini photo team kami bersama pemilik UKM tempat kami menimba ilmu.

cr : dokumen pribadi

Selama enam bulan menimba ilmu di sana, hal yang paling membuat gue terkejut adalah baju-baju dari konveksi tersebut ternyata diekspor ke Paris dan Milan untuk berbagai merk fashion terkenal di dunia. Bisa terbayang kan kalau kualitas pengrajin kita tuh kualitas international tau! 

4. Situs aman
Qlapa menggunakan sistem rekening bersama untuk memfasilitasi transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli. Semua ini dilakukan untuk menghindari praktik penipuan online serta menyediakan pengalaman belanja yang sederhana dan nyaman di Qlapa.

Untuk melakukan transaksi, pembeli akan mengirimkan uang pembayaran ke penjual melewati sistem rekening bersama Qlapa. Pembayaran akan diteruskan kepada penjual setelah produk telah diterima oleh pembeli. Jika transaksi batal sebelum produk dikirim, pembeli akan menerima kembali uang mereka 100%. Pembayaran akan diteruskan kepada penjual jika produk telah diterima oleh pembeli. Sangat aman bukan?
Nah, kebetulan banget gue tuh lagi butuh mangkok kayu. Gue akan tunjukkan ke kalian gimana caranya berbelanja di Qlapa. 

1. Pertama kalian tentunya harus buka situs Qlapa. Kemudian kalian bisa daftar terlebih dulu atau tinggal klik tombol "masuk" jika kalian sudah pernah mendaftar sebelumnya. Kalian bisa mencari produk  yang kalian inginkan melalu kategorinya atau kalian dapat mengetik produk yang kalian mau di kolom search.


2. Karena gue sudah tahu item apa yang ingin gue cari secara spesifik. Gue tinggal ketik aja di kolom search. So simple ya kan?!

Nah, sekarang saatnya cari-cari deh mangkok yang sesuai keinginan gue. Pilihannya ada banyak banget tapi jangan khawatir di kolom sebelah kiri ada berbagai tombol yang bisa dicustom agar mempermudah proses pencarian.

Kalau mau cari yang ready stock tinggal dicentang aja. Kalau mau yang dari pengrajin di dalam pulau jawa ya tinggal dipilih. Kalau kalian mau dibudgetkan ya tinggal masukkan saja budget kalian. Mudah bukan?


3. Setelah gue ketemu sama item yang gue mau, tinggal gue masukin keranjang belanjaan deh buat di proses pembayarannya. Kalian bisa bayar menggunakan kartu kredit, transfer, indomaret dan BCA Klik pay. So many options available for you.


That's it. Mudah banget! Gag lama mangkok yang gue tunggu dateng juga. Wuih, cepat banget prosesnya. Gue beli hari Rabu terus hari Jumat sudah datang. See for yourself~ Bagus banget yaaaaah. Cocok banget buat instagram #eh #salahfokus Hihihi.


cr : dokumen pribadi

Ok deh guys. Sekian postingan gue kali ini tentang Qlapa. Sekarang kalian jangan pada nanya lagi tentang dimana gue membeli cutleries yah!

Oh iya, jangan lupa tinggalkan komentar di komen section yah. Apakah kalian sudah tau sebelumnya tentang Qlapa? Kalau udah tahu, share dong pengalaman kalian berbelanja di Qlapa. 

See you until the next blog post~ bye! 

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

10 comments

  1. Produk Qlapa desainnya keren dan buatannya rapi ya...
    Enggak kecewa deh ama Qlapa

    ReplyDelete
  2. Wah unik juga ya. Ternyata ada marketplace yang mendukung handmade lokal di tengah persaingan produk kekinian...

    ReplyDelete
  3. Memang belum banyak yang tau soal Qlapa dan apa yang mereka lakukan. Dan saya cukup senang membaca tulisan bagus seperti ini yang mengenalkan Qlapa sebagai toko jual beli yang berfokus pada penjualan produk-produk handmade lokal Indonesia. Yang artinya, ketika kamu menulis ini dan menyebarkannya pada dunia, kamu turut serta menyebarkan semangat #CintaProdukLokal dan itu yang sangat saya sukai.

    Nah, kalau boleh saya tambahkan, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus menawarkan kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli produk di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

    Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

    Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

    Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

    maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas. Terimakasih telah memberikan komen. Ini adalah komen terpanjang yang pernah saya dapatkan hehehhehe


      Saya setuju dengan pendapat mas. Apalagi saya ini pecinta perabotan-perabotan rumah yang kayu hasil pengrajin dalam negeri. Semoga dengan Qlapa, minat beli masyarakat indo akan produk lokal semakin tinggi ya. Sehingga pengrajin-pengrajin lokal juga semakin banyak orderannya dan secara tidak langsung industri ekonomi kreatif semakin besar.

      Delete
  4. Wow nice, I think that application can help us not only to buy some handmade product but we also can sell it right? hehhee

    ReplyDelete
  5. Baru tahu aplikasi Qlapa pas baca tulisan ini. Wah itu mangkok batik benaran harga nya kok murah. Aku suka kerajinan2 seperti itu. Tp klo pas wisata belanja kn harga nya mahal2 tuh. Tahu gitu lebih baik belanja online ya �� nggak repot pula bw nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga ya kalau kita beli oleh-oleh kadang rentan pecah juga kan di koper plus buat org yg susah nawar :( belanja di tempat turis tuh menyeramkan huhuhu

      Delete

instagram